Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Bosan Saat Menulis Agar Bisa Update Blog Rutin Setiap Hari

Djazim- Sebagai Blogger, kita dituntut untuk selalu menulis, menulis lagi, dan menulis terus, agar blog yang kita kelola tidak terbengkalai dan visitor tidak anjlok. Semakin sering menulis maka kemungkinan untuk sukses akan semakin besar, begitu pula dengan penghasilan google adsense yang semakin meningkat.

Bosan, jenuh, dan malas adalah penyakit utama seorang Blogger, apalagi ketika sudah tidak ada ide yang bagus untuk dijadikan artikel. Hhee.. (Sumber: pengalaman pribadi).

Bukan masalah ide saja yang menjadikan seorang blogger malas menulis, masih banyak masalah lain yang menjadi penyebab kemalasan ini, terutama bagi blogger pemula seperti saya.
tips bosan nulis blog djazim blog
Sumber: Pixabay.com

Selalu ditolak saat ngelamar di adsense juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesemangatan menulis bagi seorang newbie. Setelah keterima adsense, masalah yang memicu kemalasan sudah beda lagi, salah satunya adalah penghasilan yang tak kunjung bertambah atau hanya sedikit. Minimnya visitor blog juga sangat berpengaruh pada kesemangatan menulis lho.! Pengelola blog dengan visitor ribuan per harinya pasti lebih semangat menulis dibandingkan yang visitornya cuma beberapa biji saja. Namun perlu diketahui, yang punya pengunjung ribuan atau ratusan ribu per hari, dulu juga seperti kita lho, cuma saja mereka sudah melewatinya, sedangkan kita belum. So, jangan sampai menyerah di tengah jalan ya Sobat !

Tips mengatasi kebosanan saat ngeblog.

1. Anggaplah menulis blog sebagai sebuah Pekerjaan Wajib

Dengan menganggap bahwa nulis adalah wajib, maka mau tidak mau harus kita lakukan sebagaimana mestinya kita melakukan kewajiban. Dengan demikian, secara bertahap kita akan merasakan ringan melakukan hal tersebut.

2. Atur Jadwal khusus untuk ngeblog 2-3 Jam Sehari

Jadwal khusus membuat kita lebih fokus mengerjakan suatu pekerjaan tanpa terganggu dengan kegiatan lain, dikarenakan waktu yang kita tentukan sudah terkhusus pada kegiatan nulis atau blogging. 

3. Menulis sesuai Pengalaman pribadi atau niche yang kita kuasai

tips bosan nulis blog

tips bosan nulis blog
Sumber: pixabay.com

Pengalaman pribadi hanya bisa ditulis oleh orang itu sendiri, bukan orang lain. Kita yang merasakan, kita pula yang bisa menceritakan apa yang kita rasakan. Menulis kategori atau niche yang kita kuasai juga lebih berpotensi untuk berkembang dari pada menulis blog yang tidak kita ketahui pembahasannya.

4. Jangan Memaksakan untuk menulis saat Jenuh

tips bosan nulis djazim blog
Sumber: pixabay.com

Saat kita jenuh biasanya pikiran akan buntu, ide akan hilang, dan inspirasi pun tak ada difikiran. Tenangkan sejenak untuk sekedar istirahat atau refreshing, agar fikiran kita segar dan bersemangat kembali.

5. Membuat sesuatu yang Baru untuk memicu semangat ngeblog

Hal baru adalah sesuatu yang patut untuk kita coba, keingintahuan akan sesuatu yang baru bisa menjadikan kesemangatan tersendiri untuk mengetahui lebih banyak dan berbagi dengan orang lain.

6. Pilih tempat yang Tenang dan nyaman saat menulis agar banyak inspirasi

Inspirasi kadang datang tanpa diundang dan tanpa disadari, salah satu hal yang bisa mendatangkan inspirasi adalah ketenangan dan kenyamanan. Contohnya saja saat kita nongkrong di toilet, banyak sekali inspirasi yang menghampiri pikiran kita.

7. Persaingan adalah sebuah Motivasi

Semakin sengit persaingannya, semakin semangat ngeblognya, mungkin itulah solusi agar kita tidak iri dengan kompetitor kita, bersainglah dengan sehat, tanpa harus menjatuhkan antara satu dengan yang lain.

8. Jangan terlalu banyak Facebook-an, Scroll Facebook Seperlunya saja

Sumber: pixabay.com

Bagi sebagian blogger, Facebook mungkin adalah sumber inspirasi dan sumber visitor, tapi berlama-lama di Facebook, kapan kita akan mengupdate blog untuk menerbitkan artikel ?

9. Jangan terlalu banyak Main Game, boleh ngegame tapi secukupnya saja

Selain Facebook, game juga termasuk faktor yang menghambat kesemangatan menulis, ketika kita berlarut-larut dengan game, maka kita akan lupa jadwal blogging yang sudah kita tentukan sebelumnya.

10. Jangan banyak nyemil, cemilan secukupnya saja, supaya nggak gendut

Sebenarnya poin ke 10 ini tidak berhubungan dengan masalah kesemangatan ngeblog, saya hanya khawatir ketika kita sedang asyik nyemil, artikel yang kita buat gak akan cepat kelar. Seperti saya pas membuat artikel ini. Hhheee...

11. Jangan lupa refreshing

Sekedar jalan jalan kelilingin Rumah atau ke kebon belakang rumah saya kira sudah cukup untuk merefresh pikiran kita. Ngak usah jauh-jauh, nanti malah males pulang ke rumah lho.! Kasian anak istri kita.

12. Jangan lupa Ngopi

Ngopi adalah sebuah kegiatan asyik yang berdampak pada kecerdasan berfikir, orang yang suka ngopi biasanya banyak inspirasi dan inovasi. Tapi ngopinya jangan banyak-banyak ya. Boros...!

Itulah tips ampuh untuk mengatasi kebosanan menulis blog bagi blogger pemalas seperti saya ini. Hhheee.. Kalau masih Bosan nulis, setelah menerapkan tips tersebut, tinggal ambil bantal dan Tidur deh.! 🤭😁😀 Simple dan praktis kan ?

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Bosan Saat Menulis Agar Bisa Update Blog Rutin Setiap Hari"