Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Wordpress Vs Blogspot Bagi Blogger Pemula

Djazim- Banyak yang menanyakan masalah Perbandingan platform Wordpress VS Blogger untuk aktivitas ngeblog mereka, sebelum kita bahas secara mendalam, mungkin setiap Blogger senior yang sudah profesional tentu punya pendapat yang berbeda-beda terkait permasalahan yang biasa terjadi bagi para blogger pemula ini.

Bagi seorang newbie di dunia blogging, terkadang kita bingung menentukan platform blog yang sesuai dengan kebutuhan kita, terutama untuk menentukan antara ngeblog di blogger atau wordpress. Keduanya memiliki beberapa kelebihan masing-masing yang mungkin tidak tersedia disalah satu platform tersebut.

Banyak orang yang beranggapan kalau wordpress lebih baik dibandingkan blogspot, dengan adanya berbagai macam plugin yang tersedia di wordpress bisa diinstal untuk mempermudah keperluan blogging kita. Bukan hanya itu saja, teknik SEO di wordpress juga dibilang lebih mudah dibandingkan SEO menggunakan blogspot.

Untuk masalah itu, saya kira memang benar adanya. Tapi permasalahannya posisi kita adalah pemula di dunia blogging. Banyaknya fitur yang tersedia di wordpress tidak lepas dari sulitnya proses instalasi dan modal yang cukup besar untuk membeli domain dan hosting. Lain halnya dengan blogspot atau blogger, untuk bisa membuat blog di blogspot kita tidak perlu beli hosting, sedangkan untuk subdomain blogspot.com pun bisa kita dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Itupun kita juga menggantinya dengan domain TLD, baik dot.com, dot.id dan lain sebagainya agar terlihat lebih profesional. Dan tentunya kita sudah tidak perlu membeli hosting lagi, karena sudah dihosting di blogger, jadi kita bisa lebih berhemat biaya.

Perbandingan Wordpress VS Blogspot untuk aktivitas ngeblog para blogger pemula

perbandingan wordpress vs blogspot bagi blogger pemula
Perbandingan Wordpress Vs Blogspot Bagi Blogger Pemula


Bicara soal pemula, biasanya para pemula akan berfikir dua kali untuk menjatuhkan pilihannya ke wordpress, bukannya tanpa alasan ya Sobat ! Hal ini juga didukung oleh beberapa faktor, diantaranya adalah selain belum begitu berpengalaman, juga belum mempunyai modal yang lebih untuk membeli domain dan hosting.

Para pemula lebih cenderung memilih blogspot dengan alasan gampang, mudah, praktis, dan gratis. Mungkin itu semua adalah alasan yang sangat masuk akal. Dengan mengutip istilah yang sangat populer dikalangan pemburu gratisan "Kalau memang ada yang gratis, kenapa harus pilih yang bayar ?".

Istilah tersebut mungkin hanya cocok digunakan untuk seorang blogger pemula saja, selain untuk percobaan, ngeblog di blogspot bisa menjadi batu loncatan untuk kedepannya ketika seorang newbie sudah menjadi blogger profesional.

Berbeda dengan blogger pemula, seorang blogger profesional lebih memilih wordpress untuk dijadikan lahan profesinya, selain sudah mempunyai banyak modal, kemudahan untuk optimasi SEO dan fitur yang tersedia adalah alasan kuat bagi Blogger profesional. Walaupun bukan tak mungkin, blogger profesional masih ada juga yang menggunakan platform blogspot untuk blog yang mereka kelola. Sebagai contoh blog mastimon, arlinadzgn, bungfrangky dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyak pula blogger profesional yang bermigrasi dari blogspot ke wordpress, dengan berbagai alasan yang sangat rasional. Walaupun awalnya dia memulai dari blogspot, akan tetapi setelah tiba saatnya mereka lebih memilih wordpress untuk kelanjutan profesi ngeblognya. Sebagai contoh adalah massugeng, yang terkenal dengan karya template blogger sejuta umat. Meskipun untuk blog utama dari mas Sugeng sudah berplatform wordpress, namun beliau juga masih berkecimpung di blogspot dengan menciptakan template blogger yang banyak diminati blogger Indonesia bahkan mancanegara. Seperti template viomagz yang sekarang banyak sekali peminatnya, sehingga banyak pula orang yang meng-cloning template tersebut. Jadi blogger macam mas Sugeng ini bisa dibilang masih menggunakan kedua platform blog, baik wordpress ataupun blogspot.

Kesimpulannya :


Blogspot atau Wordpress memiliki daya tarik nya masing masing. Ini juga tergantung dari sudut pandang Anda terkait kelebihan dan kekurangan dua platform tersebut, karena setiap orang tentunya mempunyai pendapat yang berbeda beda sesuai dengan pengalaman mereka. Yang tak kalah penting, sebelum Anda menjatuhkan pilihan, Yang perlu Anda pikirkan adalah tujuan dari situs yang hendak Anda dibuat.

Jika Anda ingin membuat blog untuk berbagi pikiran dengan dunia dan yang sifatnya fungsional dengan desain modern dan hemat biaya, Anda cukup menggunakan blogspot untuk dijadikan pilihan yang terbaik. Namun, jika Anda memiliki rencana dan tujuan yang lebih besar pada blog Anda, silahkan Anda gunakan Wordpress dengan berbagai fitur open sourcenya. Hanya saja Anda harus menyiapkan biaya lebih untuk mendapatkan blog di Wordpress yang lebih profesional.

Mungkin inilah sedikit uraian seputar pembahasan blogspot dan wordpress yang merupakan platform Blogger terkenal yang banyak diminati oleh masyarakat sebagai penunjang bisnis online mereka. Tentunya dari informasi kami ini, Anda bisa menyimpulkan sendiri tentang masing masing keunggulan, kelemahan, fitur fitur yang terdapat dalam keduanya, kualitas dan beberapa hal lain yang patut untuk Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Entah nantinya pilihan Anda jatuh Wordpess ataupun Blogger (blogspot), setidaknya Anda sudah tahu tentang pengetahuan dasar dan pengenalan penggunaan dari kedua platform.

Semoga perbandingan antara Wordpress dan Blogspot diatas dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat untuk profesi Anda. Selanjutnya Anda bisa mencari tahu informasi lebih lanjut seputar proses pengembangan halaman blog dan belajar memahami teknik SEO yang diperlukan untuk mengembangkan dan membangun blog Anda agar lebih baik kedepannya.

Selanjutnya, Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut seputar panduan dan pembahasan yang berkaitan dengan dunia blogging. Mulai dari cara mencari pengunjung yang lebih banyak, tips dan trik seputar blogging untuk pemula, sampai dengan bagaimana caranya bisa menghasilkan uang dari blog tersebut.

Menurut hemat kami, terlepas dari masalah platform antara blogspot dan wordpress, selagi kita bisa konsisten dan menekuninya, InsyaAllah kita akan bisa jadi Blogger profesional walaupun hanya bermodalkan blogspot, lebih-lebih lagi kalau kita punya uang lebih untuk membeli domain dan hosting, tak ada salahnya untuk beralih ke wordpress. Yang penting kita tekun dan rajin mengelola blog kita.

Kita punya blog di blogspot dan rajin mengoptimasi blog yang kita punya, bisa jadi akan lebih profesional dibandingkan yang punya blog di wordpress, akan tetapi tidak begitu peduli dengan blog yang dikelolanya. So, bukan masalah platform, tapi seberapa besar ketekunan dan usaha kita untuk mengembangkan blog yang kita punya.

Sekian informasi terbaru seputar wordpress dan blogspot yang bisa kami bagikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba dan semoga kita semua berhasil menjadi blogger yang profesional.

Posting Komentar untuk "Perbandingan Wordpress Vs Blogspot Bagi Blogger Pemula"