Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban

Djazim- Assalamu'alaikum Sobat Djazim ! Kali ini kita akan membahas tentang peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan Sya'ban. Langsung saja.! Bulan Sya’ban adalah bulan yang sangat penting dalam kehidupan ummat Islam dimana saja, terutama di Indonesia.

Selain menjadi bulan yang dekat dengan bulan Ramadhan dan sebagai bulan persiapan untuk menghadapi ritual wajib, yakni puasa di bulan Ramadhan, masih ada beberapa hal yang sering kita peringati rutin di setiap bulan Sya’ban, yaitu malam nisfi Sya’ban, atau malam tanggal 15 Sya'ban.

Dan ternyata...!!! Selain malam Nisfi Sya’ban ada juga peristiwa penting yang terjadi pada bulan Sya’ban lho Guys.! Mau tahu apa saja peristiwa tersebut ?

Tersebut didalam kitab Ma Dza fi Sya’ban yang di karang oleh Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki menyebutkan tiga peristiwa penting di bulan Sya'ban yang berimbas pada kehidupan beragama bagi kaum Muslimin.
"peristiwa penting di bulan sya'ban"
Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban


Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban

1. Peralihan atau pindahnya Kiblat

Peralihan atau perpindahan arah kiblat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram ternyata juga terjadi pada bulan Sya’ban lho Guys.!

Menurut Imam Al-Qurthubi ketika menafsirkan Alquran Surat Al-Baqarah ayat 144 dalam kitab Al-Jami’ li Ahkāmil Qur’an dengan mengutip pendapat dari Imam Abu Hatim Al-Basti mengatakan bahwa Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mengalihkan arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Baitullah pada malam Selasa bulan Sya’ban yang pada hari itu bertepatan dengan malam nisfis Sya’ban.

Perpindahan arah kiblat ini adalah suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan Nabi Muhammad SAW berdiri menghadap langit setiap hari menunggu wahyu turun perihal peralihan kiblat itu seperti yang disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 144 berikut.
"surat al baqarah ayat 144"


2. Penyerahan Rekapitulasi atau catatan Keseluruhan Amal kepada Allah


Salah satu hal yang menjadikan Sya’ban jadi bulan yang utama adalah bahwa di bulan ini semua amal kita diserahkan dan dilaporkan kepada Allah SWT.

Imam Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki mengutip hadits riwayat An-Nasa’i yang meriwayatkan tentang dialog Usamah bin Zaid dengan Nabi Muhammad SAW.
"puasa bulan sya'ban"

Adapun penyerahan amal yang dimaksud adalah penyerahan seluruh rekapitulasi amal kita secara penuh. Walalaupun menurut pendapat dari Imam Sayyid Muhammad Alawi, ada waktu-waktu tertentu yang menjadi waktu penyerahan catatan amal kepada Allah SWT selain di bulan Sya’ban, yakni disetiap siang, disetiap malam, atau disetiap pekan.

Bahkan ada juga beberapa amal yang diserahkan langsung kepada Allah pada waktu itu juga tanpa menunggu waktu-waktu yang telah disebutkan, yakni catatan amal shalat lima waktu.

3. Penurunan Ayat tentang Anjuran Shalawat kepada Rasulullah SAW.


Diturunkan ayat anjuran untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW juga pada bulan Sya'ban. yakni Al Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 56.
"al quran surat al ahzab ayat 56"

Menurut Imam Ibnu Abi Shai Al-Yamani, beliau mengatakan, bulan Sya’ban adalah bulan Shalawat. Dikarenakan pada bulan Sya'banlah ayat tentang anjuran shalawat diturunkan.

Pendapat ini juga dikuatkan oleh pendapat Imam Syihabuddin Al-Qasthalani dalam kitab Al-Mawahib-nya, begitu juga oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani yang mengatakan bahwa ayat itu turun pada bulan Sya’ban tahun ke-2 hijriyah. Wallohu A'lam Bishshowab. Wassalamualaikum.

Posting Komentar untuk "Inilah Peristiwa Penting di Bulan Sya'ban"