Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suara Dentuman Keras Terdengar diberbagai Daerah di Jateng, Begini Penjelasan BMKG


Djazim- Terkait fenomena suara dentuman keras yang terdengar dibeberapa daerah di jawa tengah (Sragen, Boyolali, Purwodadi, Demak, Solo), dari hasil monitoring yang dilakukan oleh BMKG stasiun geofisika Banjarnegara, dapat disampaikan bahwa suara dentuman tersebut tidak terkait dengan aktifitas seismik (gempa tektonik) baik yang dipicu oleh aktifitas sesar lokal (baribis kendheng, dll) maupun aktifitas zona subduksi selatan jawa.
"dentuman keras dini hari di jateng"
Suara dentuman keras dini hari di Jateng dan sekitarnya

Penyebab Suara dentuman keras dini hari di jateng dan sekitarnya

Jika melihat data yang bersumber dari badan meteorologis, sebagian besar awan hujan berada di utara dan pesisir selatan jawa, hal ini konsisten dengan distribusi sambaran petir pada tanggal 10 sampai 11 mei 2020, sekitar jam 23.00 wib s/d 05.00 WIB, dimana sebagian besar terkonsentrasi pada wilayah utara, barat laut, barat, barat daya, selatan dan tenggara jawa tengah, sehingga kecil kemungkinan suara dentuman tersebut dipicu oleh aktifitas sambaran petir, dikarenakan tidak adanya aktifitas sambaran petir di lokasi terdampak pada rentang waktu tersebut (lihat peta).
"peta suara dentuman keras dini hari di jateng"
Peta cuaca dari BMKG

Mengingat luasnya daerah yang merasakan dentuman keras tersebut, perlu adanya kajian lebih lanjut terkait penyebab pastinya, dikarenakan banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Jangan mudah menyimpulkan sesuatu tanpa adanya sumber yang valid.

Beberapa sumber yang bisa memicu suara dentuman keras tersebut antara lain sonic boom (shock waves/gelombang kejut) dari pesawat jet yang melebihi kecepatan suara maupun aktifitas vulkanik. Tapi tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain yang belum diketahui.

Untuk seluruh masyarakat Jateng, dan pembaca Djazim Blog khususnya, dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu atau kabar hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jadilah netizen yang smart.!

Pastikan Anda mendapatkan informasi valid yang bersumber dari pihak yang bersangkutan, yang dalam hal ini adalah BMKG yang Informasinya disebarkan melalui kanal resmi yang telah terverifikasi baik diInstagram, Twitter @infoBMKG, website https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Demikian himbauan dari pihak BMKG terkait suara dentuman keras yang terjadi pada hari Senin 11 Mei 2020 dini hari. Semoga informasi ini bisa menjadikan referensi, mengingat banyaknya berita hoax yang tersebar di media sosial.

Posting Komentar untuk "Suara Dentuman Keras Terdengar diberbagai Daerah di Jateng, Begini Penjelasan BMKG"