Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gampang Mencari Uang Lewat Internet saat Pandemi

Djazim- Di masa-masa pandemi Covid-19 seperti ini, tak sedikit para pekerja yang terkena dampaknya. Ada yang gajinya dipotong, ada juga pekerja yang terpaksa dirumahkan atau di PHK oleh perusahaannya. Hal inilah yang membuat mereka tak lagi memiliki penghasilan, alias menjadi pengangguran.

Semakin meningkatnya angka pengangguran yang terjadi akhir-akhir ini, memaksa kita untuk mencari pekerjaan yang tidak terdampak atau terpengaruh dengan adanya masa pandemi, yang diantaranya adalah Memanfaatkan Internet untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Sangat kecilnya peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru adalah alasan tepat untuk beralih profesi dari dunia nyata ke dunia maya. Hal ini disebabkan banyak perusahaan yang mengalami penurunan omzet, sehingga dari pihak perusahaan menghentikan perekrutan karyawan baru untuk sementara waktu hingga pandemi Covid-19 tidak lagi menghantui kita.

Cara Gampang Mencari Uang Lewat Internet saat Pandemi


Cara mencari uang dengan memanfaatkan internet dimasa pandemi

1. Freelancer

Freelance adalah sebuah profesi yang banyak dilakoni oleh orang-orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu. Orang yang berkecimpung di dunia freelance disebut freelancer atau pekerja lepas. Lalu, seperti apakah contoh pekerjaan para pekerja lepas atau freelancer?

Freelance (doc.pixabay.com)

Contoh Pekerjaan Freelancer

Banyak sekali contoh pekerjaan yang bisa dilakoni oleh para pekerja lepas. Adapun beberapa jenis pekerjaan yang banyak dilakukan oleh freelancer adalah:

  1. Penulis konten atau Content Writer: Pekerjaannya adalah membuat artikel untuk blog post, copywriting, berita, ulasan produk, dan lain-lain.
  2. Analis dan Konsultan bisnis: Tugasnya adalah menganalisis data dan informasi dari suatu permasalahan bisnis.
  3. Desainer grafis: Kerjanya menggambar desain grafis, baik berupa logo, ilustrasi, brosur, dan lain sebagainya.
  4. Web designer: Merancang sebuah website yang unik, menarik, efektif, dan sesuai dengan permintaan konsumen.
  5. Voice over atau suara latar: Tugasnya adalah mengisi suara untuk audiobook, e-learning, video, dan lain sebagainya.
  6. Digital marketer: Membantu memasarkan produk dari suatu perusahaan secara online, baik itu melalui email marketing, Pay Per Clik, Search Engine Optimization, Media Sosial, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya freelance adalah suatu pekerjaan yang dilakukan seseorang untuk dirinya sendiri tanpa harus terikat dengan perusahaan tertentu.

2. Jualan Online

Untuk menjadi penjual online di zaman sekarang ini terbilang sangat mudah, selain sudah tersedia sosial media seperti Facebook dan Instagram, sekarang juga sudah banyak market place yang menyediakan lapak jualan online untuk kita secara gratis, seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, ataupun Bukalapak. So, kita tidak perlu lagi membuat toko online sendiri yang notabene nya harus merogoh dana untuk biaya hosting dan domain.

Dengan adanya fasilitas lapak gratis tersebut kita tinggal posting produk, jualan, dan closing tanpa harus memikirkan biaya sewa hosting dll.

Kalau kita punya produk sendiri, kita bisa menjual produk kita, dan disini kitalah yang menjadi produsen sekaligus penjual produk kita sendiri.

Kalau kita tidak punya produk sendiri untuk dijual secara online, kita juga bisa menjual produk orang lain lho. Adakalanya kita jadi Reseller ataupun Dropshiper.

Reseller adalah orang yang menjual produk dari orang lain, baik dari tangan pertama (produsen) ataupun tangan kedua dengan cara menyetok barang dahulu atau kulakan dulu baru kita jual. Sedangkan untuk Dropshiper, tidak perlu menyetok barang, kita tinggal posting produk dari tangan pertama dengan selisih harga diatasnya. Dan ketika ada yang order, tangan pertama lah yang mengirimkan barangnya atas nama kita (Dropshiper).

Jadi, kalau kita punya keterbatasan dalam hal modal, Dropshiper lah yang cocok banget untuk kita tekuni dalam bisnis online.

3. Youtuber

Akhir-akhir ini Youtube mulai ramai dengan banyaknya youtuber baru yang berkecimpung dalam platformnya. Bukan hanya sekedar numpang tenar atau menjadi viral, akan tetapi youtube juga bisa menghasilkan uang.

Youtuber besar yang subscriber nya jutaan bisa berpenghasilan milyaran rupiah setiap bulannya, bahkan lebih besar dari gaji pejabat ataupun pengusaha.

Maka dari itu, banyak sekali artis yang merintis channel YouTube sendiri, bahkan lebih sering tampil di channel YouTube daripada di stasiun televisi.

Adapun penghasilan youtuber itu didapatkan dari bagi hasil penayangan iklan google adsense dalam video yang diunggah oleh pengelola channel. Dalam artian, pengiklan membayar youtube, kemudian dibagi antara youtube dan content creatornya.

4. Blogger

Tidak jauh berbeda dengan youtuber, menjadi blogger pun juga bisa menghasilkan uang jutaan bahkan milyaran rupiah setiap bulannya.

Sama-sama menjadi content creator, akan tetapi contentnya yang berbeda. YouTube dengan content video, sedangkan blog content yang disediakan adalah artikel.

Keduanya sama-sama bisa menghasilkan uang dengan cara pasang iklan google adsense dengan sistem bagi hasil antara penyedia platform dan creatornya. So, tunggu apalagi? silahkan mulai dari sekarang !

5. Trading

Kata trading berasal dari bahasa Inggris yang artinya melakukan pertukaran barang, mata uang atau jasa dari satu pihak ke pihak lain. Bisa berupa barang, mata uang, saham, emas, dll.

Trading yang bergerak di pasar saham atau pasar valuta asing, sebenarnya tidaklah sulit, bahkan mudah sekali dijalankan asalkan kita memiliki komitmen yang bulat untuk meraih kesuksesan. Bahkan kita juga bisa menjadi trader yang sukses walaupun tidak punya pengalaman atau latar belakang di bidang ekonomi dan finansial.

Trading juga bisa dilakukan secara online, dan banyak sekali aplikasi trading di play store, seperti Olymp trade, Binomo, FBS, dll.

Itulah beberapa pekerjaan online yang bisa kita tekuni di masa pandemi ini. Tetap semangat dan terus berusaha, yakinlah usaha tidak akan menghianati hasil. Selagi kita masih mau berusaha, InsyaAlloh akan ada jalan. Jangan lupa berdoa dan banyakin sholawat.

Posting Komentar untuk "Cara Gampang Mencari Uang Lewat Internet saat Pandemi"