Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan dan Amalan di Malam Nisfu Sya'ban serta Membaca Surat Yasin Tiga Kali

Djazim- Assalamu'alaikum Sobat Djazim ! Berbicara tentang keutamaan bulan Sya'ban, tak luput dengan malam Nisfu Sya'ban. Malam Nisfu Sya'ban bisa dikatakan malam tanggal ke 15 pada bulan Sya'ban.

Bulan Sya'ban adalah bulan yang istimewa, bulan yang dihormati oleh kalangan ummat Islam, selain Bulan Muharram, Dzulhijjah dan Bulan Rajab.

"keutamaan malam nisfu sya'ban"
Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Keistimewaan dan keutamaan bulan Sya'ban

Keistimewaan dan keutamaan Bulan Sya'ban ini dimulai dari awal tanggal 1 hingga akhir bulan lho Guys.! Akan tetapi keistimewaan Bulan Sya'ban yang lebih banyak terdapat pada malam Nisfu Sya’ban, yakni malam ke lima belas atau pertengahan bulan sya’ban.

Pada malam Nisfu Sya'ban sebagaimana telah dijelaskan dalam hadits shahih yang diriwayatkan dari Mu‘az bin Jabal Radhiallahu ‘anhu.
"keutamaan malam nisfu sya'ban"

Membaca Surat Yasin tiga kali dimalam Nishfu sya'ban setelah Sholat Maghrib

Ketua Umum (LDNU) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama KH. Zakki Mubarok mendukung untuk semua warga Indonesia membaca surah Yasin sebanyak tiga kali di malam Nisfu Sya’ban.

Amalan ibadah ini biasa diamalkan oleh warga NU kemudian disertai dengan tiga permohonan kepada Allah pada setiap bacaan Surat Yasin tersebut. Amalan ini terbilang memadai untuk mendapatkan keutamaan malam Nisfu Sya'ban.

Berdoa minta panjang umur dan umur yang bermanfaat, minta diberi rezeki yang halal dan terhindar dari wabah, serta berdo'a meminta ketika wafat membawa iman (Husnul Khotimah).

Tiga permintaan yang kita utarakan saat membaca Yasin tersebut sudah lebih dari cukup. Jelas KH. Zakki saat berada di ruang Sekretariat LDNU di Kantor PBNU jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis Sore (12/6).

Menurut Kiai Zakki, ketiga permintaan doa tersebut merupakan unsur yang menyempurnakan hidup seorang manusia. Sekurangnya, ibadah di malam nishfu sya'ban menjadi pembuka ibadah Ramadhan yang menuntut untuk lebih giat lagi.

Biasanya, mayoritas umat Islam di Indonesia lazim berkumpul di masjid, sebelum wabah virus Corona menyerang bangsa kita. Mungkin saat ini kita cukup membaca surat Yasin sebanyak tiga kali setelah selesai sembahyang Magrib dirumah kita masing-masing. Lalu kita mengutarakan satu permohonan atau doa kepada Allah di setiap kali mengawali pembacaan surat Yasin tersebut.

Setelah selesai membaca Surat Yasin, kita dianjurkan untuk membaca doa Nisfu Sya'ban. Adapun doanya Seperti yang tertulis berikut ini.

Doa Nisfu Sya'ban

"doa nisfu sya'ban"

2 komentar untuk "Keutamaan dan Amalan di Malam Nisfu Sya'ban serta Membaca Surat Yasin Tiga Kali"

Zulfa El Saidah Selasa, 28 April, 2020 Hapus Komentar
Sip kak... Terima kasih atas kunjungannya.!!!