Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa dan Amalan Malam Lailatul Qadar

Djazim- Doa dan Amalan di malam Lailatul Qadar di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Apakah yang dimaksud Malam Lailatul Qadar ?
Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan, seperti yang disebutkan dalam Al Qur'an Surat Al Qadr Ayat 3.
ليلة القدر خير من الف شهر

Doa pada malam lailatul qadar

"doa dan amalan malam lailatul qadar"
Doa dan amalan malam Lailatul Qadar

Doa apakah yang dianjurkan pada malam Lailatul Qadar ?
Kita dianjurkan untuk melakukan ibadah termasuk berdoa di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, dikarenakan Lailatul Qadar turun di sepertiga akhir bulan ramadhan dan kemungkinan besar pada malam ganjil, yakni malam tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29.

Dalam kitab Al-Adzkar, Imam An-Nawawi telah menjelaskan terkait doa yang dibaca ketika seseorang bertemu dengan malam lailatul qadar. 

Beliau Imam An-Nawawi mengungkapkan bahwa, "Di riwayatkan dalam kitab al-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan lain-lain bahwasanya Sayyidah Aisyah pernah berkata, "Wahai Rasulullah, andaikan aku mengetahui lailatul qadar, apa yang bagus aku baca ?"

Kemudian Rasul menjawab,: "Bacalah Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni".

Berikut doa amalan lailatul qadar dalam tulisan Arab

اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى 

Selain doa lailatul qadar tersebut, kita juga dianjurkan berdoa sesuai hajat kita, baik hajat dunia atau Akhirat.

Kita juga dianjurkan sholat Sunnah Lailatul Qadar dua rekaat, setelah membaca Fatichah kemudian membaca Surat Al ikhlas 7x, dan setelah salam membaca "Astaghfirulloh wa atuubu ilaih" 70x.

Kapan Malam Lailatul Qadar turun ?

Seperti yang telah disebutkan diatas, Lailatul Qadar jatuh di antara 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Lebih spesifiknya di tanggal ganjil. Tapi juga tidak menutup kemungkinan jatuh pada tanggal genap, maka dari itu kita dianjurkan untuk beribadah full di 10 hari ini, bukan hanya tertentu di tanggal ganjil saja.

Amalan malam lailatul qadar juga sudah kita bahas di awal pembahasan tentang malam yang beribadah didalamnya lebih baik daripada beribadah seribu bulan.

Hal ini sesuai dengan yang disebut dalam Al-Qur'an Surat Al Qadr. Yang menerangkan tentang keutamaan malam Lailatul Qadar.

Semoga di bulan Ramadhan tahun ini kita semua termasuk golongan orang yang bisa bertemu dengan Lailatul Qadar, dan bisa menunaikan ibadah di malam terbaik di bulan ini. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Doa dan Amalan Malam Lailatul Qadar"